Riset: Etanol Bisa Jadi Alternatif Solusi Tekan Defisit Energi Indonesia tetapi...

Kompas.com - 23/06/2014, 04:54 WIB
Ilustrasi biodiesel Dok Kontan.co.idIlustrasi biodiesel
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Climate Change Center (ICCC) menggelar penelitian yang hasilnya menunjukkan Indonesia punya alternatif sumber energi selain bahan bakar berbasis fosil. Apa alternatif energi itu maupun tantangan yang harus dihadapi untuk pengoptimalannya?

"Hasil penelitian menunjukkan kami Indonesia dapat mengurangi defisit energi dengan meningkatkan penggunaan etanol," kata koordinator pusat program pengembangan emisi rendah (LED)  Artissa Panjaitan, Minggu (22/6/2014). Namun, ada beberapa hambatan dan tantangan yang harus diatasi.

Pemerintah, ujar Artissa, telah meluncurkan kebijakan untuk meningkatkan penggunaan etanol pada 2010. Namun, kata dia, harga etanol di pasar domestik masih lebih tinggi daripada pasar regional.

Selain faktor harga tersebut, Artissa mengatakan industri etanol di dalam negeri juga terkendala tumpang tindihnya lahan untuk produksi pangan dan energi. "(Karenanya) harus ada insentif yang seimbang untuk bahan bakar fosil dan bahan bakar nabati," ujar dia.

Artissa berkeyakinan pengembangan etanol ini akan dapat mengekang defisit energi, menjadi bagian dari pengembangan bahan bakar nabati sekaligus mendorong investasi di bidang energi terbarukan khususnya di daerah terpencil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X