Asosiasi Emiten: OJK Hanya Menjaga Kebun Binatang

Kompas.com - 23/06/2014, 11:34 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Fransiscus Welirang menilai  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak menjaga dan mengawasi secaralintas lembaga antar insitusi keuangan tersebut. Pria yang akrab disapa Franky ini bahkan mengibaratkan OJK hanya menjaga kebun binatang.

"OJK saya lihat selama ini menjaga kebun binatang. Di kebun binatang itu kan ada bermacam-macam binatang. OJK lebih kepada menjaga kapan gajah mandi, kapan dia harus makan. Tidak ada selama ini saya lihat OJK menjaga sirkus," katanya, dalam diskusi "Evaluasi 1 Tahun: Menimbang Manfaat OJK" di Wisma Antara, Senin (23/6/2014).

Menurut Fransiscus, OJK seharusnya menjaga sirkus. Maksud dia, sebagai pengawas jasa keuangan, OJK juga harus mengawasi lembaga keuangan secara lintas lembaga atau cross section.

"OJK harusnya menjaga sirkus. Maksudnya menjaga bagaimana menjaga agar gajah dan orang utan bermain tidak menerkam penonton," jelas Franky.

Lebih lanjut, Fransiscus mengungkapkan cross section dalam tugas pengawasan OJK adalah bagaimana menjaga dan mengawasi beberapa lembaga jasa keuangan yang "bermain" di ranah yang sama. Sebab, dalam permainan seperti inilah yang sebetulnya dapat terjadi risiko.

"Cross section itu harusnya yang diawasi. Bagaimana bank dengan asuransi, karena kadang transaksi bank perlu asuransi. Bagaimana bank dengan securities atau leasing. Pengawasan sirkus seperti itu yang selama ini belum saya lihat," ujar Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X