Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lebaran, BI Jateng Siapkan Uang Rp 16 Triliun

Kompas.com - 24/06/2014, 17:25 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Indonesia wilayah V Jawa Tengah- DIY mengalokasikan uang sebanyak Rp 16,1 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2014.

Alokasi uang tersebut diperuntukkan bagi seluruh perwakilan Bank Indonesia di wilayah V. Lima perwakilan wilayah BI tersebut masing-masing, perwakilan BI Solo sebanyak Rp 2,6 triliun, BI perwakilan Purwokerto sebanyak Rp 2,7 triliun, BI perwakilan Tegal sebanyak Rp 1,98 triliun, BI perwakilan Semarang Rp 5,7 triliun dan perwakilan Yogyakarta Rp 3,1 triliun.

“Kami telah memutuskan untuk meningkatkan stok uang tunai jelang puasa dan lebaran nanti. Secara keseluruhuan di Jateng disiapkan Rp 13,1 Triliun, kalau ditambah DIY jadi Rp 16,1 Triliun,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng-DIY, Sutikno di Semarang, Selasa (24/6/2014).

Dikatakannya, jumlah uang yang disiapkan itu meningkat dibanding saat puasa dan Lebaran tahun 2013. Jumlah itu, dalam data BI, meningkat sebanyak 18 persen.

Kenaikan jumlah uang yang dialokasikan itu disebabkan banyak hal, di antaranya, puasa dan lebaran tahun 2014 berada pada akhir bulan. Selain itu, kenaikan juga dibarengi dengan pengambilan uang oleh pegawai negeri atau swasta pada akhir bulan untuk membayar gaji karyawan.

“Selain itu, naiknya angka juga karena antisipasi diambilnya gaji ke-13 dari para PNS dan jelang masuknya tahun ajaran baru,” tambah Sutikno.

BI Wilayah Jateng pun telah menyiapkan jadwal penukaran uang bagi mayarakat yang membutuhkan penukaran uang. Jadwal yang dibuka mulai hari Senin, 30 Juni 2014 hingga Kamis, 24 Juli 2014.

“Kami minta agar masyarakat jangan takut untuk menukarkan uang. Kami telah siap untuk membuka 15 kloter di internal BI dan juga kami kirimkan ke perbankan lainnya,” paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com