Jalan Tol Sumatera Dinilai Salah Arah

Kompas.com - 24/06/2014, 17:43 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol kompas.com/ syahrul munirIlustrasi pembangunan jalan tol
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek pembangunan jalan tol trans Sumatera dinilai salah arah. Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino mengatakan, jika jalan tol dibangun dengan arah utara-selatan, hal tersebut tidak akan mendongkrak aktivitas ekonomi Sumatera di pesisir Barat.

“Pembangunan jalan tol trans Sumatera dari utara ke selatan menurut saya salah arah. Seharusnya dari barat ke timur. Dai Medan ke Sibolga. Dari daerah lain di barat ke timur. Menyambungkan utara-selatan belakangan, melalui laut,” kata Lino dalam seminar Oxford Economics dan IPC, di Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Oleh karena itu, dia mengapresiasi kedua pasangan calon Presiden dan wakil Presiden yang memiliki perhatian terhadap pembangunan maritim.

Dalam kesempatan sama, kepada wartawan, pengamat ekonomi Faisal Basri membenarkan apa yang telah diungkap Lino. Akademisi Universitas Indonesia itu menuturkan, Indonesia telah dianugerahi laut. Sebagai negara kepulauan, tidak selayaknya laut dianggap sebagai penghambat. Justru dengan adanya laut sebagai penghubung.

Pemerintah tidak perlu membebaskan lahan, membangun tiang-tiang pancang, dan menambal aspal. “Jadi justri yang harus dibangun bukan jalan tol Aceh-Lampung. Kita kan basisnya negara kepulauan, jadi harusnya yang dibangun pelabuhan. Jalan darat bukan dari utara-selatan, tapi timur-barat. Sehingga, Bengulu maju, Sumbar maju. Sekarang kan cuma pesisir timur. Ingat kita ini negara maritim,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X