BNI-Garuda Indonesia Sepakat Kerjasama "Hedging"

Kompas.com - 25/06/2014, 13:04 WIB
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/HERUDIN Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Garuda Indonesia Tbk sepakat melakukan kerjasama lindung nilai atau hedging. Kerjasama ini adalah yang pertama dilakukan antara dua entitas BUMN dalam hedging.

Dalam hal ini, Garuda memperoleh kredit dalam mata uang rupiah, sedangkan pendapatannya dalam mata uang dollar AS. Sehingga, terdapat potensi ketidaksesuaian atau missmatch arus kas. Untuk itu, Garuda dan BNI sepakat melakukan hedging berupa cross currency swap senilai Rp 500 miliar dengan jangka waktu 3 tahun atas pokok utang dan bunga pinjaman.

"Beberapa bulan lalu BI (Bank Indonesia) dan BUMN telah bertemu. Garuda dan Pertamina juga ikut bertemu, untuk fasilitasi transaksi hedging. Ini adalah salah satu tindak lanjut pertemuan itu. Kami bukan hanya melaksanakan anjuran Kementerian BUMN, tapi kebutuhan juga," kata Direktur Keuangan Garuda Handrito Hardjono di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Kebutuhan akan hedging, lanjut Handrito, didasarkan kepada keadaan ekonomi saat ini yang belum menentu. Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga mengalami pelemahan.

"Harga bahan bakar cenderung menurun, namun growth ekonomi juga menurun. Ini semua memberatkan kompetisi perusahaan penerbangan di Indonesia, termasuk Garuda," ujar Handrito.

Pada kesempatan sama, Direktur Tresuri dan IF BNI Suwoko Singoastro mengungkapkan transaksi hedging mendesak untuk dilakukan. Ini mengingat ketidakpastian di pasar keuangan internasional yang dapat memberi dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia.

"Dalam rangka mendukung langkah BI dan pemerintah, BNI telah membangun infrastruktur yang siap untuk melakukan transaksi lindung nilai kepada nasabah. Transaksi CCS dengan Garuda adalah salah satu wujud komitmen BNI menawarkan solusi lindung nilai kepada nasabah BUMN," ujar dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X