Setelah 69 Tahun, Listrik Sumatera-Jawa Segera Terhubung

Kompas.com - 25/06/2014, 15:54 WIB
Ilustrasi transmisi listrik KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi transmisi listrik
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 69 tahun sejak Indonesia merdeka, ini menjadi tahun pertama transmisi listrik Sumatera-Jawa terhubung. Pasalnya, pemerintah berencana memulai 2 proyek kelistrikan besar yang menghubungkan Sumatera-Jawa pada September 2014.

"Rencananya groundbreaking 2 transmisi monumental ini akan dilakukan September. Ini pertama kalinya dalam sejarah, kita punya interkoneksi lintas Sumatera dan lintas Jawa. Ini sangat monumental," ujar Menko Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Dia menuturkan pada Senin mendatang (30/6/2014) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama menteri akan menggelar rapat terbatas. "Hari Senin akan dibawa ke sidang kabinet terbatas yaitu pembangunan jaringan kabel high-voltage, direct current (HVDC) antara Sumatera-Jawa," kata CT.

Adapun proyek kedua yang juga akan dibahas dalam ratas tersebut adalah proyek transmisi 500 KV lintas Sumatera. CT mengatakan, ketika transmisi listrik 500 KV lintas Sumatera terbangun, maka diharapkan seluruh Sumatera bisa terelektrifikasi. "Kelebihannya baru dialirkan ke Jawa (dengan HVDC)," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X