Inflasi Bulan Juni Diperkirakan Naik, Akan Ada di Kisaran 0,3 Persen

Kompas.com - 26/06/2014, 06:07 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi bulanan Juni 2014 berada pada kisaran 0,3 persen. Perkiraan ini didasarkan pada Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan bank sentral tersebut.

"Perkiraan kami inflasi Juni month to month (mtm) pada kisaran 0,3 sampai 0,4 persen. Lebih tinggi daripada bulan lalu. Pantauan kami mengarah ke sana," kata Kepala Grup Analisis Ekonomi BI Doddy Zulverdi, di Jakarta, Rabu (25/6/2014). Dengan perkiraan inflasi bulanan Juni tersebut, lanjut dia, inflasi tahunan Juni akan mencapai 6,6 persen.

Meskipun besaran inflasi bulanan ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, Doddy mengatakan angka itu masih di bawah perkiraan inflasi bulanan Juni selama 5 tahun terakhir, yakni 0,56 persen. "Polanya memang konsisten. Menjelang Lebaran inflasi naik, tapi sejauh ini masih normal," ujar dia.

Pernyataan Doddy sejalan dengan prediksi inflasi Juni versi pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, Selasa (24/6/2014), mengatakan inflasi bulanan Juni akan berada di kisaran 0,37 persen.

Adapun Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan inflasi cenderung terkendali. Dia mengatakan saat ini pasokan komoditas pangan cukup terjamin kecukupannya. "Supply sekarang masih cukup. Beras masih cukup. Kecuali yang impor seperti kedelai (dan) bawang putih, yang lainnya kalau tidak ada hal yang spesial mudah-mudahan terkendali," ungkap Suryamin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.