Kompas.com - 26/06/2014, 08:51 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

MILAN, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan yang berbasis di Abu Dhabi, Etihad Airways mencapai kesepakatan mencaplok 49 persen saham maskapai penerbangan Italia, Alitalia pada Rabu (25/6/2014) yang saat tengah dililit utang.

Meskipun tidak disebutkan secara detail mengenai nilai transaksi tersebut, namun isu utama yang akan diselesaikan oleh Etihad adalah utang sebesar 1 miliar euro atau sekitar Rp 15 triliun, serta kelebihan karyawan.

Pemerintah Italia sebelumnya telah memperingatkan kepada manajemen, bahwa ini adalah kesempatan terakhir Alitalia untuk menyehatkan kinerja perusahaan yang selama ini terkena imbas krisis perekonomian.

Pengambilalihan 49,0 persen saham oleh Etihad itu sekaligus menunjukkan bahwa Alitalia bisa mempertahankan statusnya sebagai maskapai yang menguntungkan di Eropa.

Kesepakatan pengambilalihan saham sebesar 49 persen itu sebelumnya melalui tahapan yang alot, karena mendapatkan tentangan dari pemegang saham lainnya. Hal itu juga membuat Etihad memegang peran penting dalam penyelamatan Alitalia, menggeser posisi Air France selaku pemegang saham lainnya.

Pemegang saham dalam beberapa tahun belakangan ini coba disehatkan. Jika bangkrut, hal itu akan berdampak negatif bagi perekonomian Italia.

Sementara bagi Etihad, perjanjian tersebut menandai langkah besar dalam kebangkitan maskapai itu sebagai perusahaan baru yang berkembang pesat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.