Jamin Ketersediaan Uang, BI Tingkatkan Frekuensi Pengiriman Uang

Kompas.com - 26/06/2014, 16:25 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menjamin ketersediaan uang, Bank Indonesia (BI) meningkatkan frekuensi dan kuantitas pengiriman uang untuk mengantisipasi tingginya permintaan uang tunai pada bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

"BI juga telah menyusun action plan pengiriman uang melalui pengaturan dan penjadwalan pengiriman uang dari KP (Kantor Pusat) ke seluruh KPw DN (Kantor Perwakilan Dalam Negeri) mulai awal Mei sampai menjelang Idul Fitri," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan di kantornya, Kamis (26/6/2014).

Penjadwalan tersebut menurut Lambok khususnya untuk KPw DN yang berdekatan dengan KP atau bila ada KPw DN yang mengalami lonjakan permintaan. Selain itu, untuk melaksanakan distribusi uang, BI juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak.

"Dalam melaksanakan distribusi uang, selain menggunakan truk yang dimiliki BI baik di KP maupun KPw DN, kami juga melakukan kerjasama dengan penyedia jasa transportasi darat yakni kereta api, laut dengan kapal penumpang, serta udara dengan pesawat terbang. Bahkan kami juga kerjasama dengan TNI AL," ujar Lambok.

Lambok menyebut bank sentral juga berkoordinasi dengan perbankan dalam pemenuhan kebutuhan uang sebelum dan selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

BI memprediksi kebutuhan uang tunai untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri pada tahun 2014 ini mencapai Rp 118,5 triliun. Angka kebutuhan ini meningkat 14,9 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 103,2 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X