Neraca Perdagangan Mei Diprediksi Surplus 20 Juta Dollar AS

Kompas.com - 27/06/2014, 18:15 WIB
Mirza Adityaswara KOMPAS/YUNIADHI AGUNGMirza Adityaswara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi neraca perdagangan RI bulan Mei 2014 akan mengalami surplus. Sebelumnnya, neraca perdagangan RI pada bulan April 2014 mengalami defisit sebesar 1,96 miliar dollar AS.

"Mei estimasi surplus. Walaupun tidak besar, mungkin antara 20 juta sampai 30 juta dollar AS," kata Mirza di kantornya, Jumat (27/6/2014).

Menurut Mirza, kondisi fundamental ekonomi seperti kinerja neraca perdangan turut melemahkan rupiah, dan yang harus dilakukan adalah meningkatkan ekspor dan impor dikurangi. Sebab, saat ini penyumbang impor terbesar masih berupa impor bahan bakar minyak (BBM).

"Impor BBM masih besar. Impor barang konsumsi juga pertumbuhan masih kuat. Impor barang modal sudah menurun, impor raw material menurun, tapi impor barang konsumsi masih seperti April kan ada tekanan impor gadget," jelas Mirza.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri pun memprediksi neraca perdagangan Mei 2014 akan mencatat surplus. Chatib menyebut surplus neraca perdagangan Mei maksimal sebesar 50 juta dollar AS. Menurut Chatib, faktor pendorong surplus adalah menurunnya kinerja impor.

Sementara itu, kinerja ekspor perlahan mulai menunjukkan perbaikan, terutama minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). "Kan yang lalu CPO-nya drop. Kemarin itu harga soybean-nya (minyak kedelai) murah, sehingga orang pindah ke soybean. Sekarang soybean-nya naik lagi, orang kembali lagi ke CPO," jelas Chatib.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X