Rupiah Melemah, Impor Bahan Baku dan Barang Konsumsi Diprediksi Turun

Kompas.com - 27/06/2014, 18:29 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Impor bahan baku dan impor barang konsumsi diprediksi mengalami penurunan signifikan menyusul tenggelamnya nilai tukar rupiah atas dollar AS. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia hari ini, mata uang Garuda terbenam Rp 12.103 per dollar AS.

“Mungkin yang tidak turun minyak aja. Betul itu, karena kebutuhan harian itu (minyak). Tapi, kalau yang barang konsumsi, bahan baku industri, itu pasti akan turun,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi, ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Menurut Bachrul, penurunan impor bahan baku dan impor barang konsumsi tidak hanya dipengaruhi pelemahan rupiah. Kenaikan harga energi, minyak dunia menjadi 126 dollar AS per barel pada September, juga membuat kontraksi permintaan barang produksi.

“Mereka (bisnis) pasti ngerem impor. Pasti kontraksi karena permintaan di dunia pasti akan turun,” ujarnya.

Namun, ditanya komoditas impor apa yang akan menurun, Bachrul mengatakan hampir terjadi di semua komoditas. “Sebentar lagi akan kelihatan komoditas mana. Dampaknya akan kelihatan di angka statistik 3 bulan lagi. Tapi secara intuitif sudah diperkirakan pasti akan turun hampir semuanya,” katanya.

Dia juga bilang, dengan adanya pelemahan rupiah yang lebih dari 15 persen ini, akan berdampak terhadap penurunan realisasi impor. Sebagian pebisnis akan menunda hingga rupiah lebih stabil.

“Saya tidak punya data yang menunda impor. Tapi secara bisnis biasanya, dan orang-orang bisnis mikir, kalau impor itu mesti ditunda pasti akan ditunda. Karena kalau nanti direalsiasi, daya beli di sini juga berkurang,” kata Bachrul.

Berdasarkan kurs tengah BI, saat ini rupiah bercokol pada posisi Rp 12.103 per dollar AS. Sebagai perbandingan, kemarin (26/6), rupiah berada pada posisi Rp 12.091 dan Rabu (25/6) mencapai Rp 12.027 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X