Kemenhub Beri Kompensasi Tukang Delman di Garut Rp 100.000 per Hari

Kompas.com - 02/07/2014, 15:40 WIB
Ilustrasi: Kemacetan saat mudik KOMPAS.com/Putra Prima PerdanaIlustrasi: Kemacetan saat mudik
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyetujui rencana Pemerintah Kabupaten Garut memberikan konpensasi sebesar Rp 100.000 per hari kepada tukang delman di sekitar Pasar Limbangan, Garut.

Hal tersebut dilakukan agar delman-delman tidak beroperasi selama mudik lebaran sehingga kemacetan arus mudik disekitar Garut bisa dikurangi. "Mengenai andong, saya setuju itu (usulan kompensasi), saya lupa tahun lalu saya kunjungi kabupaten mana gitu, jadi tidak boleh lagi ada andong masuk, Akan dilakukan h-3 dan h+3," ujar Menteri Perhubungan, E.E Mangendaan di Garut, Jawa Barat, Rabu (2/7/2014).

Mangendaan menjelaskan, delman memang menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan saat mudik Lebaran tiba di sekitar Pasar Limbangan. Beroperasinya delman membuat kecepatan kendaraan menjadi berkurang sehingga membuat terjadinya penumpukan kendaraan.

Selain delman, Menhub juga mengatakan, penyebab kemacetan di sekitar pasar Limbangan karena ada aktivitas pasar dan pertigaan jalan yang membuat macet arus lalu lintas di sekitar pasar Limbangan.

Bahkan, penumpukan kendaraan yang terjadi di daerah Garut tersebut bisa menjalar ke daerah Nagreg, Kabupaten Bandung.

"Karena pasar sedang dibangun, sekarang sama Polres sudah dikendalikan itu tapi belum ditutup, nanti ketika mudik, akan dilakukan penutupan total.termasuk tali untuk di Pasar Limbangan itu, kalo limbangan macet, maka bandung juga macet," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X