Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta KAI Tak Mendramatisir Kenaikan Tarif KA

Kompas.com - 02/07/2014, 16:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan tetap menolak kenaikan harga tiket kereta api kelas ekonomi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia. Bahkan, Kemenhub meminta PT KAI untuk tidak mendramatisir kenaikan harga tiket KA tersebut.

"Jangan dulu dinaikkan, tidak usah didramatisir, ini mau lebaran jangan main-main lah, kasian rakyat ini saya minta jangan dulu," ujar Menteri Perhubungan, EE Mangindaan di Garut, Jawa Barat, Rabu (2/7/2014).

Mangindaan menjelaskan, keputusan kenaikan harga tiket KA tetap ada di tangan Kemenhub. Oleh karena itu dia meminta PT KAI bisa menahan diri dan mengikuti instruksi Kemenhub untuk tidak menaikan harga tiket menjelang lebaran.

"Saya minta tahan dulu bukan hanya kereta api, tapi untuk semua moda walaupun avtur naik, tapi saya minta lebaran ini jangan dinaikkan dulu ," katanya.

Namun, Menhub tetap membuka peluang PT KAI untuk menaikkan harga tiket dengan beberapa syarat. Salah satu syaratnya adalah tidak menaikan harga menjelang Lebaran dan tidak menaikan langsung harga 100 persen sehingga tidak memberatkan masyarakat.

"Kalaupun ada naik, saya minta bertahap, jangan langsung 100 persen. Saya lebih cenderung ke sosial masyarakatnya, kalaupun naik setelah Lebaran saya minta jangan sekaligus naik tinggi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com