Emil Salim: Tol Laut Poin "Plus" Jokowi Dibanding Prabowo

Kompas.com - 03/07/2014, 11:16 WIB
Emil Salim KOMPAS/WAWAN H PRABOWOEmil Salim
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Ekonom senior Emil Salim mengatakan, cita-cita membangun tol laut yang menghubungkan pulau-pulau di Nusantara merupakan nilai plus yang dimiliki oleh calon presiden Joko Widodo dibandingkan rivalnya, Prabowo Subianto.

“Saya telah membaca visi misi Jokowi mengenai ekonomi setebal 40 halaman dan dijabarkan ke dalam 16 rencana aksi. Cita-cita besar membangun tol laut adalah salah satu keunggulan dia (Jokowi) dari Prabowo,” ujarnya dalam diskusi publik dengan tajuk "Realistiskah Program Ekonomi Jokowi?" di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Mantan Menteri Lingkungan Hidup pada Era Orde Baru ini mengungkapkan, permasalahan ketimpangan pendapatan antara wilayah barat dan timur Indonesia hingga saat ini belum terpecahkan.

Dia mengatakan, ketimpangan pendapatan ini harus segera dihilangkan karena akan mengancam negara kesatuan. “Jangan sampai pembangunan terlalu berat ke wilayah barat seperti proyek Jembatan Selat Sunda, karena proyek Jembatan Selat Sunda merupakan visi pembangunan Jawa-Sumatera, bukan visi pembangunan negara kesatuan,” kata Emil.

Meskipun pembangunan tol laut akan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit, Emil juga menjelaskan bahwa pembangunan jangan dilakukan berdasarkan asas tingkat pengembalian investasi, tetapi asas keadilan dan pemerataan pembangunan.

baca juga: Jokowi: Tol Laut Bukan Jalan di Atas Laut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X