Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2014 Diprediksi Capai 5,3 Persen

Kompas.com - 03/07/2014, 17:01 WIB
Menteri Keuangan M.Chatib Basri. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA Menteri Keuangan M.Chatib Basri.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Chatib Basri optimistis pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2014 bisa di atas 5,2 persen, bahkan mencapai 5,3 persen.

Sebagaimana diketahui pada triwulan 1-2014 pertumbuhan ekonomi RI di level 5,21 persen. “Mudah-mudahan bisa di atas 5,2 persen, prediksi saya 5,3 persen,” katanya, kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Chatib optimistis pertumbuhan ekonomi lebih baik dibanding kuartal pertama, didorong konsumsi yang semakin meningkat, selain karena ada faktor Pemilu. Meski ada perbaikan, dia mengakui tidak akan terjadi lonjakan signifikan.

“Ekspor akan sedikit lebih membaik, dan Eropa sudah sedikit membaik. Tapi Jepang dan Tiongkok relatif stagnan, bahkan cenderung turun. Jadi ada perbaikan tapi enggak signifikan,” imbuhnya.

Sebagai infomasi, Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya melansir pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2014 sebesar 5,21 year on year, sedangkan secara kuartalan tumbuh sebesar 0,95 persen.

Pertumbuhan ekonomi didorong oleh pertumbuhan pada sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 10,23 persen, sektor konstruksi sebesar 6,54 persen, serta sektor listrik, gas, dan air bersih sebesar, 6,52 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X