Stok Daging di Kaltim Surplus

Kompas.com - 03/07/2014, 18:19 WIB
Ilustrasi: pedagang daging sapi ESTU SURYOWATIIlustrasi: pedagang daging sapi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SAMARINDA, KOMPAS.com – Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim H Dadang Sudarya mengakui ketersediaan (stok) daging sapi maupun ayam serta telur saat ini mengalami surplus, bahkan bisa mencukupi hingga dua bulan kedepan.

“Stok kita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap daging sapi, kambing, ayam maupun telur masih lebih dari kebutuhan yang diperlukan selama Bulan Suci Ramadhan hingga setelah Idul Fitri tahun ini,” kata Dadang Sudarya, Selasa (1/7/2014).

Dirinya menyebutkan ketersediaan daging sapi 13.923 ekor (2.166 ton) dari kebutuhan hanya 13.302 ekor (2.088 ton). Kambing 9.129 ekor (123 ton) dari kebutuhan sebesar 7.982 ekor (108 ton), sedangkan ayam pedaging, terdapat 9,309 juta ekor (9.588 ton) dari kebutuhan masyarakat 8,849 juta ekor (9.114 ton).

Daging beku tersedia 59 ton dari kebutuhan 58 ton, telur mencapai 5.250 ton sementara kebutuhan masyarakat hanya 3.170 ton. Jumlah tersebut menurut Dadang jauh meningkat dari kebutuhan maupun ketersediaan ternak pada tahun sebelumnya.

Gubernur Awang Faroek Ishak sebelumnya telah menginstruksikan agar instansi teknis mempertahankan ketersediaan pangan sebagai upaya menjaga stabilitas harga di pasaran. Apalagi memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri maupun hari-hari besar keagamaan, kebutuhan masyarakat diprediksi semakin meningkat.

“Sesuai keinginan gubernur agar kita selalu melakukan evaluasi terhadap ketersediaan pangan di tingkat lapang. Petani ternak lokal kita masih belum mampu memenuhi kebutuhan sehingga masih mendatangkan dari NTB, Jawa dan Sulawesi,” ungkap Dadang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X