The Fed Akan Naikkan Suku Bunga Lebih Cepat?

Kompas.com - 04/07/2014, 13:23 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Data tenaga kerja AS yang lebih baik di atas perkiraan mendorong kepastian akselerasi perekonomian AS. Sebagai dampaknya, bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) diperkirakan bisa saja menaikkan suku bunga acuannya alias Fed Rate pada kuartal I 2015.

"The Fed bisa saja bergerak lebih cepat dibandingkan perkiraan karena data (tenaga kerja) luar biasa menarik. Apabila data terus berada sesuai jalur, maka tidak ada alasan (The Fed) tidak bergerak lebih cepat," kata Rick Rieder, Kepala Investasi dari perusahaan manajer investasi global BlackRock Inc seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (4/7/2014).

Pernyataan Rieder tersebut berdasarkan laporan Departemen Tenaga Kerja AS yang melaporkan peningkatan jumlah tenaga kerja AS sebanyak 288.000 orang pada bulan Juni 2014. Adapun ekonom Bloomberg memprediksi peningkatan hanya 215.000 orang. Tingkat pengangguran menurun ke 6,1 persen.

"Ekonomi melaju. Tidak ada yang diragukan tentang itu," ujar Rieder.

Tingkat bunga obligasi 10 tahun mencatat pertumbuhan tertinggi dalam 2 bulan menjadi 2,69 persen setelah rilis data tenaga kerja. Investor melihat 50 persen kemungkinan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan menjadi 0,5 persen pada Juni 2015.

Adapun probabilitas kenaikan Fed Rate pada Juli 2015 mencapai 62 persen. Dengan fakta-fakta data kemarin, probabilitas kenaikan suku bunga pada Juni 44 persen dan Juli 57 persen.

Bagi Indonesia, keputusan The Fed untuk menaikkan Fed Rate akan berdampak pada tantangan bagi perekonomian Indonesia. Kenaikan suku bunga dilakukan The Fed setelah merampungkan kebijakan tapering off atau penarikan stimulus moneter.

Saat The Fed mengumumkan tapering ;off, pasar keuangan global menunjukkan reaksi yang beragam. Volatilitas nilai tukar di negara-negara berkembang termasuk Indonesia tak terhindar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.