Kompas.com - 05/07/2014, 22:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Calon Presiden No.2 Joko Widodo mengatakan, pemerintah mendatang perlu mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Kata dia, ini bisa dilakukan jika ada pasar.

“Pertamina harus membuka pasar untuk biofuel,” kata Jokowi dalam Debat Capres-Cawapres kelima yang mengusung tema Pangan, Energi, dan Lingkungan, yang dihelat KPU pada Sabtu (5/7/2014).

Lebih lanjut dia menyayangkan, selama ini tata kelola energi salah kaprah karena pemerintah justeru memberikan insentif (subsidi) yang besar untuk mengimpor bahan bakar minyak (BBM).

“Tapi tidak memberikan insentif enerbi baru terbarukan yang harunya bisa dinikmati oleh petani,” ujarnya.

Indonesia, kata Jokowi, memiliki banyak lahan marginal yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan menanam EBT,misalnya berbahan dasar cantel ataupun sorgum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.