Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi Global Akan Membaik pada 2015

Kompas.com - 08/07/2014, 16:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2015 akan lebih baik dibandingkan tahun 2014.

Kondisi ini didukung membaiknya kondisi ekonomi di negara-megara maju. "AS saya kira akan lebih baik. Kalau tidak, Yellen (Gubernur Federal Reserve Janet Yellen) tidak akan mungkin menaikkan suku bunga acuan. Eropa sedikit akan lebih baik," kata Chatib di Gedung DPR, Selasa (8/7/2014).

Di samping itu, Chatib menjelaskan, ekspor juga akan meningkat sehingga permintaan terhadap komoditas juga akan meningkat. Kondisi ini diharapkan akan berdampak pada meningkatnya harga komoditas Indonesia.

"Harga komoditas sedikit akan naik, kemudian pemerintah ke depan punya ruang fiskal sehingga anggaran tidak dipotong lagi. Berarti dari segi ekspor dan pengeluaran pemerintah naik," ujar dia.

Ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2015 akan mencapai kisaran 5,5 sampai 6 persen. Asumsi tersebut, ujar dia, tergantung pada langkah Fed Rate menaikkan suku bunga acuannya.

"Growth-nya antara 5,5 sampai 6 persen. Kita lihat kalau AS menaikkan interest rate mungkin bisa di kisaran 5,5 persen. Kalau menaikkan tidak signifikan mendekati 6 persen," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.