Kompas.com - 14/07/2014, 13:20 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Masa menjelang Lebaran membawa berkah bagi Blue Bird Group. Dua pekan menjelang Lebaran, kelompok usaha yang fokus di bisnis transportasi itu mencatat full booked untuk semua unit bisnya yang berkapasitas 44 kursi dan 54 kursi.

"Hanya bis jenis medium dan bus kecil (11 kursi) yang kini masih tersedia," kata Maria Lihawa, Vice President Central Operation Blue Bird Group, akhir pekan lalu.

Menurut Maria, jumlah unit yang ludes terpesan tersebut sudah termasuk tambahan unit untuk Lebaran tahun ini. Tanpa merinci jumlah tambahan itu, pihaknya sudah menurunkan sekitar 500 bus ukuran besar, sedang, dan kecil.

Tradisi mudik selama perayaan Idul Fitri menyebabkan lonjakan pesanan bus selalu terjadi menjelang Hari Raya. Berdasarkan pengamatan Blue Bird, dari tahun ke tahun, tingkat lonjakan pemesanan bus bisa mencapai 150 persen dari order pada hari biasa.

Kebanyakan pemesan bus Blue Bird adalah pelanggan korporat dan yang paling laris disewa adalah bus berukuran besar. "Yang paling banyak disewa bus jenis besar. Sekitar 55 persen order berasal dari korporat," paparnya.

Biasanya, kalau bus ukuran besar habis, konsumen bakal beralih ke bus ukuran yang memiliki kapasitas 25 kursi. Bus jenis ini diminati perorangan, seperti keluarga besar yang hendak mudik bersama dengan bus.

Kebanyakan konsumen Blue Bird memilih waktu sewa lima hari sebelum Lebaran (H-5) hingga lima hari setelah Lebaran (H+5). Maria menambahkan, walau Lebaran kali ini berdekatan dengan musim liburan sekolah, dampak keduanya tidak bisa disamakan.

Menurut dia, peningkatan pemesanan karena musim liburan sudah terjadi selama Mei hingga awal Juni kemarin. "Momen Lebaran memang diikuti dengan permintaan bus Big Bird yang tinggi dan ini pastinya mendongkrak penghasilan korporasi," ujar dia.

Sayangnya, ia enggan membeberkan potensi peningkatan pendapatan yang akan terjadi. Ia menyatakan, momentum ini tidak hanya digunakan untuk meraup keuntungan secara finansial, tetapi juga untuk membantu para pengemudi Blue Bird dan keluarganya, dengan menyediakan fasilitas bus gratis untuk angkutan balik setelah Lebaran.

Supaya lancar, Blue Bird sudah melakukan serangkaian persiapan. Misalnya, dari sisi unit bus, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan dealer penjualan resmi, tempat Blue Bird membeli unit bus, seperti dealer resmi Mercedes Benz Indonesia, Mitsubishi Indonesia, Astra Isuzu Motors, dan Toyota Auto 2000.

Selain itu, Blue Bird juga melatih para pengemudi yang bakal melayani mudik Lebaran. Satu bus bakal dilayani oleh dua pengemudi supaya lebih aman.

Selama periode Lebaran kali ini, Blue Bird Group memberi potongan harga khusus untuk para penyewa bus hingga mencapai 50 persen. Pemberian potongan harga itu berlaku pada tanggal 28 Juni 2014-20 Juli 2014 dan 28 Juli 2014-29 Juli 2014. (RR Putri Werdiningsih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.