BI Prediksi Neraca Perdagangan Juni Kembali Defisit

Kompas.com - 15/07/2014, 10:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan Juni 2014 akan kembali mencatat defisit. Sebelumnya, pada Mei 2014 neraca perdagangan mencapai surplus 69,9 juta dollar AS.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengungkapkan, defisit neraca perdagangan pada Juni 2014 lebih disebabkan kepada lonjakan impor yang nilainya melebihi nilai ekspor. "Defisit neraca perdagangan Juni 300 juta dollar AS karena lonjakan impor," kata Agus di kantornya, Senin (14/7/2014) malam.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, secara umum lonjakan impor pada bulan Juni lebih rendah dibandingkan impor pada bulan Mei lalu. Penurunan impor terjadi baik di barang modal maupun barang konsumsi. Di samping itu, penurunan juga terjadi pada impor bahan bakar minyak (BBM).

"Impor secara umum sudah turun drastis, semua jenis. Dari barang modal, barang konsumsi turun. Impor minyak juga turun. Kurang lebih sama dengan kuartal lalu juga secara kuartal ke kuartal," jelas mantan Menteri Keuangan ini.

Agus juga memaparkan perbaikan terjadi pada kinerja ekspor. Perbaikan tersebut khususnya terjadi pada komoditas non migas seperti tekstil, otomotif, baja, dan bahan kimia. "Ekspor komoditi non migas non mineral bagus sekali. Itu sudah membaik khususnya yang kemarin itu tekstil benang dan otomotif, kemudian bahan kimia sudah membaik juga. Akan tetapi, defisit migasnya masih besar," papar Agus.

Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan RI pada Mei 2014 mengalami surplus sebesar 69,9 juta dollar AS. Kepala BPS Suryamin menuturkan, impor pada bulan Mei mencapai 14,76 miliar dollar AS, sedangkan ekspor RI mencapai 14,83 miliar dollar AS.

“Terjadi pula surplus volume Mei 2014 sebesar 35,15 juta ton. Ini menunjukkan permintaan (produk RI) masih cukup tinggi,” kata Suryamin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X