BI Telah Siapkan Desain Uang Baru

Kompas.com - 15/07/2014, 12:43 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas menyatakan persiapan peluncuran uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akan diluncurkan 17 Agustus 2014 mendatang telah cukup matang. Berbagai persiapan pun telah dilakukan.

"Dalam Undang-undang (Mata Uang) kan harus tanggal 17 (Agustus). Persiapannya sudah disiapkan desainnya. Tanda tangannya juga sudah," kata Ronald di kantornya, Senin (14/7/2014).

Meski demikian, Ronald tidak bisa banyak merinci perihal uang NKRI ini. Terkait gambar pada uang, Ronald mengungkapkan hal itu adalah wewenang pemerintah untuk menentukan. Akan tetapi, gambar yang harus tertera pada uang adalah gambar pahlawan nasional.

"(Gambar) mesti keputusan pemerintah. Pahlawannya nasional dan pasti sudah meninggal dunia. Kalau mantan presiden dan kalau pahlawan nasional itu ada keputusannya. Gambar sesuai UU pemerintah, jadi presiden yang memutuskan," jelas Ronald.

Adapun terkait distribusi uang NKRI, Ronald menjelaskan uang tersebut akan disebarkan ke Kantor Perwakilan (KPW) BI dan pada tanggal 17 Agustus nanti harus sudah ada. Di samping itu, BI pun melakukan sosialisasi uang NKRI.

"Antara 1 sampai 2 minggu sebelumnya sosialisasi. Semua penerbitan uang harus ada Peraturan BI (PBI). Nanti akan disosialisasikan dalam PBI. Itu diatur cirinya apa saja. Contohnya harus dikatakan cirinya ada gambar apa," ungkap Ronald.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X