Kompas.com - 16/07/2014, 08:28 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menemukan barang tidak sesuai ketentuan di Lottemart, saat melakukan inspeksi Selasa (15/7/2014), sore kemarin.

Adapun produk tersebut berupa makanan-minuman, antara lain Jus Madu, dan Del Monte Tomato Sauce, serta Del MonteTropical Fruit Mix.

Saat kunjungan, sejumlah produk sudah disendirikan dari rak. Commercial Director-Dry Food Lottemart, Henky E.Yulianto mengatakan, produk tersebut diduga tidak masuk lewat jalur resmi.

“Karena kode ML (makanan luar)-nya berbeda. Bukan palsu ya. Tapi semua barang yang masuk ada nomer pendaftaran (di BPOM), dan itu berbeda dari yang dilaporkan,” kata Henky.

Untuk menyikapi temuan tersebut, Henky menuturkan, langkah pertama yang dilakukan manajemen adalah menarik produk terindikasi di luar ketentuan tersebut, dari display. Kedua, lanjutnya, manajemen Lottemart akan melaporkan kejadian tersebut kepada supplier.

“Ketiga, barang-barang yang ada saat ini sudah pasti kita akan kembalikan semuanya, kita akan retur. Karena sebagai outlet, kita kadang tidak tahu, apakah barang itu sah atau tidak,” jelasnya.

Saat ditanyakan, apakah Lottemart akan mengambil langkah hukum, Henky hanya menjawab, manajemen akan berpikir untuk kepentingan yang lebih panjang.

Sementara Wamendag Bayu Krisnamurthi menengarai, produk yang sempat mampir di salah satu peritel besar di Indonesia itu dipasok dari gudang yang telah diamankan dua pekan silam.

Bayu mengatakan, Kemendag dan BPOM berhasil menyisir dan mengamankan sejumlah produk tak sesuai ketentuan di sebuah gudang, dua minggu yang lalu. (baca Sidak Supermarket dan Gudang, BPOM Temukan Produk Ilegal)

“Saya tidak tahu apakah dia (Lottemart) akan mengambil langkah hukum pada distributor mereka, karena itu tidak boleh, tapi itu urusan bisnisnya. Bagi kita, kita sudah peringatkan, itu tidak sesuai ketentuan. Kita akan bekerjasama terus dengan toko semacam ini untuk memastikan yang dijual adalah barang-barang yang sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.