Kompas.com - 16/07/2014, 11:02 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA , KOMPAS.com – Kemelut yang terjadi dalam Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada (KCKGP) akhirnya menemui titik terang. Pasalnya, dalam voting pengambilan keputusan yang difasilitasi PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) Selasa (15/4/2014) malam, mayoritas nasabah koperasi menyetujui untuk berdamai dan membentuk perusahaan baru.

Menurut Corporate Secretary PT Cipaganti Citra Graha Tbk, Toto Moeljono, keputusan yang tersebut merupakan solusi bagi perdamaiaan dan penyelesaian masalah yang menggerus perusahaan.

“Alhamdulillah, puji syukur atas hasil voting di antara mitra yang memutuskan untuk mendirikan new company sebagai solusi perdamaian dan penyelesaian masalah. Kami mendukung sepenuhnya perkembangan ini dan akan bekerja keras untuk ikut serta secara langsung atau tidak langsung dalam penyelesaiannya, sesuai kapasitas kami sebagai perusahaan terbuka” ujarnya di Jakarta, dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Dalam pertemuan di Britama Mahaka Sport Mall, Kelapa Gading, Jakarta Utara, hadir 3.359 mitra koperasi. Sebanyak 3.277 mitra setuju untuk berdamai dan membentuk perusahaan baru untuk menyelesaikan kemelut koperasi tersebut.  Sementara sisanya, yaitu delapan puluh dua orang menolak untuk berdamai.

Mayoritas mitra menyetujui perdamaian dan pembentukan perusahaan baru yang bermodalkan aset pemilik perusahaan yang juga Ketua Pengawas KCKGP, yaitu Andianto Setiabudi diserahkan sebagai modal perusahaan baru. Para mitra menekankan, supaya pengalihan aset itu diawasi dengan ketat. “Harus diawasi, diawasi,” teriak para mitra di acara voting tersebut semalam.

Sebelumnya diberitakan, kemelut tersebut terjadi karena koperasi gagal membayar laba sejak beberapa bulan terakhir, sehingga para mitra mengadukan pengurus koperasi yang beberapa di antaranya juga adalah pengurus di PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CCGT).

baca juga: Tim Penyelesaian Utang Minta Bos Cipaganti Dibebaskan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.