Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia X Pesan 50 Unit Airbus A330-900neo

Kompas.com - 16/07/2014, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya rendah jarak jauh, AirAsia X, menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understand/MoU) dengan Airbus untuk pembelian 50 unit pesawat A330-900neo.

Kesepakatan ini menjadikan maskapai tersebut sebagai pelanggan perdana untuk versi terbaru jenis pesawat tersebut. AirAsia X pun akan menjadi salah satu operator pertama armada tersebut, dengan pengiriman yang dijadwalkan akan dimulai pada 2018.

Kesepakatan tersebut diteken di pameran dirgantara Farnborough, Inggris Direktur Eksekutif AirAsia X, Azran Osman Rani dan Presiden Airbus Fabrice Brégier. Acara juga dihadiri antara Pendiri AirAsia Tony Fernandes, Direktur AirAsia X, Pimpinan AirAsia X Bhd Tan Sri Rafidah Aziz, dan Pimpinan Operasional Airbus bagian Konsumen John Leahy.

“Kami telah cukup lama mendorong Airbus untuk meluncurkan versi terbaru A330. Saya sangat senang bahwa mereka menawarkan pilihan ini dan menghadirkan armada pesawat yang sangat kami butuhkan untuk mengembangkan model penerbangan jarak jauh berbiaya rendah kami,” kata Tony Fernandes dalam keterangan pers, Rabu (16/7/2014).

Fabrice Brégier menambahkan bahwa AirAsia X merupakan pionir penerbangan jarak jauh berbiaya rendah. “Kepercayaan yang diberikan Tony dan timnya pada A330neo merupakan dukungan nyata terhadap langkah perubahan yang kami hadirkan bagi pasar kategori ukuran pesawat ini," lanjutnya.

A330-800neo dan A330-900 neo merupakan dua anggota terbaru keluarga pesawat badan lebar Airbus yang diluncurkan pada Juli 2014, dengan pengiriman pertama yang dijadwalkan akan dimulai pada kuartal IV-2017.

A330neo menggabungkan generasi terakhir mesin Rolls-Royce Trent 7000, peningkatan sistem aerodinamika dan fitur-fitur kabin terbaru. Jenis pesawat itu diklaim bisa memangkas konsumsi bahan bakar hingga 14% per kursi, menjadikan armada ini sebagai armada badan lebar jara menengah dengan biaya paling efisien di pasaran. Selain itu, pesawat ini juga memiliki jelajah lebih jauh yakni 400 mil laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com