Diedarkan Sebelum 17 Agustus, BI Cetak Jutaan Lembar Uang NKRI

Kompas.com - 17/07/2014, 13:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Bank Indonesia (BI) rencananya akan menerbitkan Uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan segera diterbitkan. Jika tak ada halangan BI akan mengeluarkan uang NKRI sebelum hari kemerdekaan, tanggal 17 Agustus 2014.

"Sebelum tanggal 17 Agustus kami sebar di lingkungan BI," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, Kamis (17/7/2014).

Ronald memaparkan, semua uang yang diterbitkan BI harus ada peraturannya. Hal itu pun juga berlaku untuk uang NKRI yang sebentar lagi akan terbit.

"Nah BI akan mengeluarkan peraturan Bank Indonesia untuk peredaran uang NKRI ini," jelas Ronald.

Ronald memaparkan, uang NKRI bentuknya uang kertas semua. Untuk semua nominal akan dikeluarkan dalam bentuk tersebut dari Rp 1.000 sampai Rp 100.000. "Nyetaknya juga sudah banyak. Kan nggak cuma 1.000-2.000 lembar saja, kita cetak puluhan juta lembar," ucap Ronald. (Adiatmaputra Fajar Pratama)
baca juga: Desain Uang NKRI Beredar, Ini Klarifikasi Bank Indonesia

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X