Kompas.com - 17/07/2014, 15:04 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan melayani penukaran uang untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri di berbagai tempat di Tanah Air. Selain itu, masyarakat dapat pula menukarkan uang di kantor-kantor Pegadaian yang telah bekerja sama dengan bank sentral.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menyatakan dalam pemenuhan kebutuhan uang menjelang Lebaran, pada dasarnya bank sentral harus menyediakan jumlah uang yang cukup dengan pecahan yang diinginkan masyarakat. Selain itu, BI juga menambah jumlah outlet penukaran uang.

"Kalau bank, jumlah bank setiap tahun bertambah. Tahun ini ada 14 bank. Kita juga kerja sama dengan Pegadaian," kata Ronald di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Lebih lanjut, Ronald menjelaskan bahwa BI sejauh ini telah bekerja sama dengan 15 kantor Pegadaian. Kantor-kantor tersebut menjadi outlet mitra BI dalam melayani penukaran uang untuk keperluan Hari Raya. "Mereka juga sama seperti bank, mengajukan perkiraan kebutuhannya. Kan tidak banyak orang yang tahu kalau Pegadaian menerima penukaran uang juga," ujar Ronald.

Meskipun demikian, BI pun tetap berkeliling ke berbagai tempat publik untuk melayani masyarakat dalam menukarkan uangnya ataaupun mendistribusikan peredaran uang. Ronald menjelaskan, BI tetap menyediakan mobil untuk berkeliling ke berbagai tempat guna melayani penukaran uang.

"Mobil BI juga tetap keliling ke pasar-pasar. Kita kerja sama dengan operator kereta api, jalan tol. BPR (Bank Perkreditan Rakyat) juga kita gunakan sebagai tempat untuk menjangkau masyarakat," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.