Kemenkeu Canangkan Hari Kualitas Pelayanan Publik

Kompas.com - 18/07/2014, 09:50 WIB
Menteri Keuangan Chatib Basri mendengarkan testimoni dari pengguna layanan publik Kementerian Keuangan, dalam agenda Pencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (18/7/2014). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMenteri Keuangan Chatib Basri mendengarkan testimoni dari pengguna layanan publik Kementerian Keuangan, dalam agenda Pencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (18/7/2014).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Keuangan, Komisi Pemberantasan Korupsi, Ombudsman, serta Kemenpan dan RB, mencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di lingkungan Kemenkeu. Sekjen Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih singkat, transparan, dan akuntabel.

Dia menjelaskan, berdasarkan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, negara berkewajiban memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil warga negara.

"Berdasarkan UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, PP No. 96 tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU No. 25 tahun 2009, PMK diterbitkan untuk menyeragamkan pelayanan publik," katanya dalam sambutan Pencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkeu, di Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Di sisi lain, dalam melaksanakan proses reformasi birokrasi, Agus menuturkan, Kemenkeu telah menerapkan program quick win. Dengan ini, maka pengguna pelayanan Kemenkeu bisa dilayani lebih singkat, transparan, dan akuntabel.

"Perizinan lebih tepat waktu, tepat biaya dan persyaratan administrasi," jelasnya.

Dia bilang, Kemenkeu juga melakukan penilaian pelayanan publik di kantor percontohan. Tujuan penilaian pelayanan percontohan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yang diukur melalui efektivitas dan efisiensi.

"Pemenang kantor percontohan ini menjadi wakil Kemenkeu di tingkat nasional, dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diselenggarakakn oleh Kemenpan RB," ujarnya.

Agus menambahkan, pencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di lingkungan Kemenkeu ini sejalan dengan harapan Ombudsman, bahwa Kementerin/Lembaga bisa mendekarasikan pelayanan publik. Diharapkan Pencanangan Hari Kualitas Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkeu ini bisa menjadi momentum agar pelayanan lebih singkat, transparan, dan akuntabel.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X