Gara-gara Jeroan, Harga Daging Sapi Melambung

Kompas.com - 21/07/2014, 13:05 WIB
Ilustrasi daging sapi. Di Pasar Klender, harga daging sapi pada H-7 lebaran masih stabil Rp 90.000 - Rp 100.000 per kilogram. Kompas.com/Estu SuryowatiIlustrasi daging sapi. Di Pasar Klender, harga daging sapi pada H-7 lebaran masih stabil Rp 90.000 - Rp 100.000 per kilogram.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga daging sapi kembali merangkak naik sepekan sebelum Lebaran. Di pasar tradisional seperti di Pasar Klender, Jakarta Timur, daging sapi dijual di tingkat konsumen dengan harga mencapai Rp 95.000 per kilogram.

Dalam blusukan-nya pagi ini ke Pasar Klender, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menuturkan, kenaikan harga tersebut dipicu permintaan tinggi jelang Lebaran, tetapi tidak semua bagian sapi diserap konsumen, seperti kulit dan jeroan.

"Ada sebabnya, karena permintaan yang meningkat luar biasa, sapi yang dipotong menjadi jauh lebih banyak. Akibat sapi yang dipotong lebih banyak, ada produksi yang terkait dengan kulit sapi dan jeroan sapi yang juga makin banyak," jelas Chairul kepada wartawan di lokasi blusukan, Senin (21/7/2014).

"Sementara kulit sapi dan jeroan sapi, demand-nya tidak setinggi daging. Akibatnya, kerugian mereka di kulit dan jeroan sapi dibebankan pada daging. Itulah yang menyebabkan terjadinya kenaikan harga daging sapi yang menjadi sekarang sekitar Rp 95.000 per kilogram," lanjutnya.

Chairul menyatakan, pemerintah berharap harga ini dapat bertahan hingga Lebaran. Dia memprediksi harga daging sapi akan turun menjadi Rp 85.000 seusai Lebaran. "Jadi ini kondisi yang terjadi apa adanya di pasar tradisional saat ini," tukasnya.

Pagi ini rombongan menteri bidang perekonomian memantau perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Klender, Jakarta Timur. Ikut dalam rombongan Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Pertanian Suswono, Kepala Perum Bulog Soetarto Alimoeso, serta Kepala BPS Suryamin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X