Harga Daging dan Beras Melambung, Kepala BPS Yakin Inflasi Terkendali

Kompas.com - 21/07/2014, 13:23 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suyamin optimistis indeks harga konsumen (inflasi) pada bulan Juli 2014 tidak akan jauh berbeda dibanding Juli 2012, meskipun ada kenaikan sejumlah komoditas pangan utama seperti daging dan beras.

"Kalau estimasinya, kalau bisa dipertahankan dalam sisa waktu 5 hari ini bahwa harga akan stabil, saya menduga tidak akan tinggi inflasinya," kata Suryamin kepada wartawan saat kunjungan rombongan menteri ke Pasar Klender Jakarta Timur, pada Senin (21/7/2014).

Dia mengatakan, musim Lebaran tahun 2013 terjadi inflasi tinggi lantaran sebelumnya pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Untuk itu, dia meminta agar membandingkan Lebaran tahun ini dengan Lebaran 2012, yang tidak mengalami kenaikan harga BBM. "Harus dibandingkan (dengan) 2012, dan menurut saya stabil," katanya.

Dia pun berharap, dalam sisa waktu ini, tidak akan terjadi lonjakan harga yang signifikan. Pun saat ditanya mengenai pengaruh kenaikan harga daging sapi terhadap inflasi, dia menyatakan tidak berdampak besar. "Karena hanya satu komoditas, kita harapkan tidak akan tinggi," tukasnya.

Pagi ini rombongan menteri bidang perekonomian memantau perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Klender, Jakarta Timur. Ikut dalam rombongan Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Pertanian Suswono, Kepala Perum Bulog Soetarto Alimoeso, serta Kepala BPS Suryamin. Hasilnya, terpantau kenaikan harga sejumlah bahan pokok seperti beras jenis Pandan Wangi, daging sapi, dan beberapa hortikultura, jenis cabai-cabaian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X