Ketum Kadin: BUMN Pertambangan Tak Jadi "Leader" di Negeri Sendiri

Kompas.com - 22/07/2014, 14:55 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto ESTU SURYOWATIKetua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, BUMN pertambangan tidak menjadi tuan di rumah sendiri. Keberadaannya seolah-olah tergerus dengan menjamurnya perusahaan tambang asing yang, menurut dia, seperti jamur di musim penghujan.

"BUMN pertambangan ada kesan tidak diperlukan. BUMN pertambangan harus membayar royalti lebih tinggi dibanding perusaahaan asing. Akhirnya BUMN tidak bisa menjadi leader bagi usaha pertambangan," kata Suryo dalam sambutan Diskusi Kadin bertema "Sinergitas BUMN/D-Kadin Membangun Industri dan Penunjang di Daerah untuk Pemerataan Ekonomi" di JCC, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dia mengatakan, di luar BUMN pertambangan, keseluruhan sektor BUMN juga dinilai belum bisa membangun manusia Indonesia. Padahal, dari catatan Kadin, pembangunan ekonomi pemerintah yang dijalankan dengan konsep MP3EI sangat tidak menyentuh pembangunan sosial dan pembangunan manusia.

Dia menjelaskan, salah satu indikator tidak terbangunnya pembangunan manusia Indonesia adalah tingkat produktivitas tenaga kerja Indonesia yang masih rendah. "Sepersepuluh dibanding Singapura dan seperempat dibanding Malaysia," ujarnya.

Untuk itu, Kadin mengusulkan agar ke depan ada sinergitas antara BUMN/BUMD dengan pelaku usaha swasta. Hal tersebut dimaksudkan agar pembangunan yang dilakukan tidak hanya infrastruktur fisik, tetapi juga pembangunan sosial dan manusia sehingga tercipta pemerataan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.