Kompas.com - 23/07/2014, 08:47 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Euforia pengumuman hasil pemilu presiden semalam diproyeksikan akan mengangkat posisi nilai tukar rupiah, Rabu (23/7/2014). Hal itu terjadi di tengah kenaikan indeks dollar AS.

Data penjualan rumah AS yang naik membantu penguatan indeks dollar lebih lanjut hingga dini hari tadi. Angka inflasi yang bertahan di atas 2 persen secara tahunan serta ketegangan di Ukraina, yang jauh dari kata selesai, juga merupakan faktor pendukung dollar AS. Euro terjerembab ke 1,34 per dollar AS bersama dengan yield US Treasury 10 tahun yang jatuh ke 2,46 persen. Data consumer confidence zona Euro ditunggu malam ini.  

Rupiah bergerak fluktuatif hingga kemarin sore menjelang penguman hasil pilpres. KPU akhirnya mengumumkan hasil rekapitulasi bahwa Joko Widodo menjadi pemenang dalam pilpres, dengan keunggulan jumlah suara yang signifikan.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, euforia hasil pilpres berpotensi membawa rupiah menguat tajam pada hari ini. "Sentimen akan bertahan hingga akhirnya harus diuji oleh pengumuman data neraca perdagangan pada awal Agustus yang diperkirakan kembali tercatat defisit," tulisnya.

Sementara itu, pada awal perdagangan di pasar spot, seperti dikutip dari data Bloomberg, rupiah berhasil menguat menembus kisaran 11.500. Mata uang garuda ini dibuka naik ke posisi 11.526,3 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada level 11.606,3.

Baca juga: Prabowo Tolak Pilpres, Pasar Sempat "Shock"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.