Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejolak Politik Tak Pengaruhi Investasi Asing di Pertambangan

Kompas.com - 23/07/2014, 11:56 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) R Sukhyar yakin, gejolak politik yang terjadi di masa transisi pemerintahan tahun ini tidak akan berdampak negatif terhadap minat investasi di sektor pertambangan.

“Enggak ada pegaruhnya kalau soal investasi asing. Kalau investasi pertambangan kan puluhan tahun. Pengalaman kita berganti-ganti pemerintahan, enggak ada apa-apa tuh,” kata dia kepada wartawan ditemui di JCC, Jakarta, Selasa (22/7/2014) sore.

Dia menambahkan, gejolak politik yang ada pun tidak menghambat investor baru yang baru menjajaki untuk membenamkan modalnya di Indonesia. “Enggak ada masalah, enggak ada pengaruh sama sekali,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi pada kuartal i-2014 untuk sektor pertambangan masih memegang peran penting Penanaman Modal Asing. Investasi di sektor pertambangan pada periode ini mencapai 1,7 miliar dollar AS atau 24 persen, dan terbesar kedua setelah sektor lain-lain yang mencapai 27 miliar dollar AS atau 39,9 persen.

Dibanding periode sama 2013, terjadi kenaikan investasi yang signifikan di sektor pertambangan. Investasi sektor pertambangan Januari-Maret 2013 mencapai 4,8 miliar dollar AS, atau 16,8 persen dari total investasi PMA kuartal i-2013.

Sebagaimana dikabarkan, KPU pada Selasa (22/7/2014) pukul 21.33 secara resmi menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla, sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2014-2019, unggul atas pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Berdasarkan penetapan KPU, pasangan Jokowi-JK meraih 70.997.833 (53,15 persen), sedangkan pasangan Prabowo-Hatta meraih 62.576.444 suara (46,85 persen) dari total suara sah nasional. Jokowi-JK unggul 8.421.389 suara, lebih besar 6,3 persen daripada perolehan suara Prabowo-Hatta.

Sayangnya, keputusan KPU ini menuai penolakan. Merasa dicurangi, Prabowo menyatakan dirinya bersama calon wakil presiden Hatta, menolak pelaksanaan Pemilu Presiden 2014 dan menarik diri dari proses yang sedang berlangsung. Pernyataan tertulis penolakan dan penarikan diri itu, hanya ditandatangani Prabowo, tanpa Hatta, mantan Menko Bidang Perekonomian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com