Total Kredit BCA Semester I-2014 Tembus Rp 321,3 Triliun

Kompas.com - 23/07/2014, 22:11 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran kredit PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sepanjang paruh pertama tahun ini tercatat meningkat 14,6 persen sebesar Rp 40 triliun secara year on year. Dengan demikian, total kredit yang disalurkan (outstanding) mencapai Rp 321,3 triliun.

Kredit korporasi mencatatkan porsi yang cukup besar dalam penyaluran kredit perseroan, yakni mencapai Rp 106,4 persen atau tumbuh sebesar 16,3 persen secara year on year.

"Dengan indikator-indikator perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang melambat, volatilitas nilai tukar rupiah yang terus berlanjut dan likuiditas yang lebih ketat, merupakan hak penting bagi BCA untuk menjaga pertumbuhan kredit pada level yang tepat," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Rabu (23/7/2014).

Adapun kredit komersial dan UKM tumbuh 14,9 persen year on year menjadi Rp 127 triliun. Sementara itu, kredit konsumer meningkat 12,6 persen secara year on year menjadi Rp 88,3 triliun, didukung kenaikan outstanding seluruh produk kredit konsumer.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) meningkat 9 persen secara year on year menjadi Rp 52,8 triliun. Jika dilihat secara kuartalan, pertumbuhan KPR relatif datar dalam 4 kuartal terakhir, sejalan dengan tingginya suku bunga dan menurunnya permintaan kredit KPR.

Sementara itu, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) naik 16,8 persen secara year on year dari 23,4 triliun menjadi Rp 27,3 triliun. Adapun outstanding kartu kredit tercatat Rp 8,1 triliun, naik 23,8 persen secara year on year pada Juni 2014.

Perseroan menyatakan likuiditas terjaga karena rasio kredit terhadap dana pihak ketiga (LDR) tercatat 75,5 persen. Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) juga terjaga pada level 0,5 persen dengan rasio cadangan 368,1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.