Pemudik Meningkat, Bandara Soekarno-Hatta Beri "Extra Flight" kepada Maskapai

Kompas.com - 24/07/2014, 20:31 WIB
Ratusan penumpang yang akan mudik tampak memadati Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (24/7/2014). KOMPAS.com/Yohanes de Britho NeonnubRatusan penumpang yang akan mudik tampak memadati Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (24/7/2014).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada H-4 jelang Lebaran mulai dipadati para pemudik. Jumlah pemudik yang terus meningkat membuat PT Angkasa Pura II menambah extra flight alias penerbangan tambahan kepada semua maskapai.

"Sejauh ini, dibanding tanggal 21 Juli, sudah ada peningkatan jumlah penumpang pesawat. Jumlah ini akan terus bertambah sampai hari Lebaran," kata Kepala Officer in Charge Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Revianto, di ruang kerjanya di Terminal 1A, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (24/7/2014).

Erwin mengatakan, ada peningkatan jumlah penumpang dari 22 Juli yang berjumlah 37.861 penumpang, menjadi 42.270 penumpang untuk penerbangan domestik pada 23 Juli.

Tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat diprediksi naik 6-7 persen dari tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak Bandara Soekarno-Hatta memberi kebijakan penambahan empat extra flight bagi setiap maskapai penerbangan domestik. Penerbangan tambahan dilakukan malam hari.

"Tujuan penerbangan paling banyak ke Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang, Padang, Makasar dan Denpasar sebagai tujuan wisata," sambungnya.

Terkait pengamanan, kata Erwin, pihaknya tetap menerapkan pengamanan berstandar internasional. "Untuk penerbangan sipil kami terapkan standar keamanan internasional baik pada hari raya maupun hari biasa," ujar Erwin.

Menurut Erwin, tahun ini kepadatan penumpang berkurang di Bandara Soekarno-Hatta karena sebagian penerbangan dialihkan ke Bandara Halim Perdanakusuma di  Jakarta Timur.

"Penerbangan Citilink sekarang dialihkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, sehingga kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta berkurang," ujarnya.

Pantauan Kompas.com, hingga siang ini, Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta terus dipadati para pemudik yang akan bepergian ke luar kota.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X