Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Tidak Ada Negara yang Ekspor Doang, Pasti Ada Impor

Kompas.com - 28/07/2014, 20:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri menyatakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai pada tahun 2015 mendatang.  Saat ini sudah banyak barang-barang dari negara-negara ASEAN yang masuk ke Indonesia. Sehingga, tahun 2015 mendatang hanya sekadar seremoni.

Terkait kekhawatiran soal banyaknya barang-barang luar negeri yang akan masuk ke Indonesia, ia mengatakan, cara melihat persoalan tersebut harus diubah. Ekspor dan impor adalah hal yang lumrah dalam perdagangan.

"Cara kita melihat harus berubah. Tidak ada negara yang ekspor doang, nanti tidak ada perdagangan. Pasti ada impor. Kalau barang di dalam kurang, kita impor. Kalau lebih, kita ekspor. Itu fenomena yang biasa," kata Chatib di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (28/7/2014).

Ia melihat MEA sebagai peluang. Indonesia, kata dia, harus memanfaatkan momentum MEA dengan menjadi pemain di pasar regional. Indonesia dapat membangun industri di luar negeri untuk memasok kebutuhan pasar dalam negeri.

"Dulu waktu saya di Semen Gresik, kita lihat permintaan semen setahun tumbuh 15 persen, produksi cuma tumbuh 7 persen. Berarti sisanya impor. Daripada impor dari perusahaan orang lebih baik beli perusahaan di luar negeri. Jadi ketika impor, impor sendiri dari Semen Gresik yang ada di luar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com