Menkeu: Tidak Ada Negara yang Ekspor Doang, Pasti Ada Impor

Kompas.com - 28/07/2014, 20:09 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri menyatakan tidak perlu ada yang dikhawatirkan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dimulai pada tahun 2015 mendatang.  Saat ini sudah banyak barang-barang dari negara-negara ASEAN yang masuk ke Indonesia. Sehingga, tahun 2015 mendatang hanya sekadar seremoni.

Terkait kekhawatiran soal banyaknya barang-barang luar negeri yang akan masuk ke Indonesia, ia mengatakan, cara melihat persoalan tersebut harus diubah. Ekspor dan impor adalah hal yang lumrah dalam perdagangan.

"Cara kita melihat harus berubah. Tidak ada negara yang ekspor doang, nanti tidak ada perdagangan. Pasti ada impor. Kalau barang di dalam kurang, kita impor. Kalau lebih, kita ekspor. Itu fenomena yang biasa," kata Chatib di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (28/7/2014).

Ia melihat MEA sebagai peluang. Indonesia, kata dia, harus memanfaatkan momentum MEA dengan menjadi pemain di pasar regional. Indonesia dapat membangun industri di luar negeri untuk memasok kebutuhan pasar dalam negeri.

"Dulu waktu saya di Semen Gresik, kita lihat permintaan semen setahun tumbuh 15 persen, produksi cuma tumbuh 7 persen. Berarti sisanya impor. Daripada impor dari perusahaan orang lebih baik beli perusahaan di luar negeri. Jadi ketika impor, impor sendiri dari Semen Gresik yang ada di luar," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.