Semester II Tahun Ini, Aturan "Branchless Banking" Rampung

Kompas.com - 04/08/2014, 15:13 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan aturan mengenai branchless banking akan dirampungkan pada semester II tahun ini. Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyatakan saat ini pihaknya tengah pada tahap finalisasi.

"Realisasi pelaksanaan branchless banking ini juga kita sedang finalisasi. Kita juga ingin segera bisa selesaikan di semester II ini," kata Muliaman di kantornya, Senin (4/8/2014).

Selain aturan mengenai branchless banking, Muliaman mengungkapkan, OJK juga tengah melakukan finalisasi aturan-aturan lain terkait sektor perbankan dan melakukan peninjauan atau review terhadap beberapa aturan yang harus disempurnakan.

"Jadi kan selama ini kita terus lihat aturan yang jalan dan yang tidak jalan. Kita juga dengar masukan pelaku pasar, bankir, dan pelaku industri keuangan lain. Mana aturan yang jalan. Semua kita himpun, kita review," ujar Muliaman.

Beberapa waktu lalu, OJK menyatakan akan membuat model bisnis branchless banking secara nasional. Model bisnis ini mengintegrasikan perbankan, industri telekomunikasi, dan agen di lapangan.

OJK juga akan menambah jumlah bank yang bisa menjalankan layanan branchless banking. Bank Indonesia (BI) pernah melakukan pilot proyek branchless banking. Saat itu ada lima bank yang ikut serta, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, BTPN, dan Bank Sinar Harapan Bali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X