IHSG Menjaga Asa Tetap Bisa Naik di Perdagangan Hari Ini

Kompas.com - 05/08/2014, 08:37 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif dengan peluang naik pada perdagangan Selasa (5/8/2014). Sentimen positif dari pergerakan bursa global diharapkan mendorong minat beli investor di pasar saham Imdonesia.

Pasar saham AS berbalik menguat, setelah sempat terpuruk sepanjang minggu lalu. Penguatan terjadi atas indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,46 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,72 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh reli bursa AS. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar 0,06 persen. Sementara itu, indeks KOSPI Composite di Korea Selatan justru melemah 0,59 persen. Sedangkan harga kontrak berjangka (futures) komoditas juga terapresiasi.

Dari dalam negeri, data inflasi Juli 2014 dirilis sesuai ekspektasi, sebesar 0,93 persen dan laju inflasi tahun kalender 2,94 persen. Angka itu masih lebih rendah dibandingkan periode yang sama di tahun 2013 yang mencapai 3,29 persen.

Sementara itu, neraca perdagangan Indonesia di bulan Juni 2014 mengalami defisit 300 juta dollar AS yang disebabkan oleh defisitnya sektor migas.

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks memasuki fase konsolidasi di kisaran 5.165 – 4.989.

Indeks bergerak mixed dan ditutup menguat 0,6 persen. Buyer masih kontrol dan potensi reli terbuka menguji resistance terdekat di level 5.142. Hari ini indeks akan bergerak mixed to up dan berada di kisaran support 5.073 dan resistance 5.142.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.