Banyak UMKM yang Belum Gunakan Produk Jasa Keuangan

Kompas.com - 07/08/2014, 21:02 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan tingkat literasi keuangan di kalangan pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air hanya mencapai 40,7 persen. Adapun tingkat utilitas produk dan jasa keuangan UMKM mencapai 60,62 persen.

Anggota Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti S Soetiono menyatakan angka tersebut masih cukup rendah. Padahal, UMKM memegang sebagian besar unit bisnis di Tanah Air. Ini yang menjadi latar belakang OJK memfokuskan edukasi keuangan pada pengusaha-pengusaha tersebut.

"Dari data Kementerian Koperasi dan UMKM, di Indonesia ada 56 juta unit UMKM dan merupakan 99 persen dari seluruh pelaku usaha di Indonesia. 55 juta dari 56 juta itu tergolong (usaha) mikro," kata Kusumaningtuti di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Selain potensi besar lantaran jumlah yang sangat banyak itu, Kusumaningtuti juga mengungkapkan sektor UMKM pun turut menyejahterakan rakyat, karena menyerap banyak tenaga kerja.

Tercatat sebanyak 107 juta orang Indonesia bekerja di sektor UMKM. Meskipun demikian, Kusumaningtuti menyayangkan masih rendahnya penyaluran kredit ke sektor UMKM. Kredit yang disalurkan ke sektor ini hanya mencapai 18 persen dari total keseluruhan penyaluran kredit atau mencapai Rp 635 triliun.

"Jumlah kredit yang disalurkan Rp 3.500 triliun. Sangat sedikit. Berarti setiap unit usaha UMKM cuma menerima Rp 11,2 triliun. Kecil dibandingkan ke usaha besar yang ada 4.968 unit," ungkap dia.

Survei literasi keuangan OJK dilakukan pada tahun 2013 silam di 20 provinsi di Indonesia kepada 8.000 orang responden. Hasil survei melaporkam tingkat literasi keuangan masyarakat 0 sebesar 21,8 persen dan tingkat utilisasi sebesar 59,7 persen. Adapun untuk kalangan ibu rumah tangga, tingkat literasi hanya sebesar 2,18 persen dan utilisasi sebesar 3,37 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X