Imigrasi Dipindah, Penumpang AirAsia Tujuan Internasional Bakal Kerepotan

Kompas.com - 09/08/2014, 16:54 WIB
EditorTri Wahono

TANGERANG, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia akan merasakan dampak pemindahan loket layanan imigrasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, yang akan dipindahkan dari terminal 3 ke terminal 2 mulai Minggu (9/8/2014) pukul 00.00 WIB.

Sebab, saat ini, AirAsia adalah satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan tujuan internasional melalui terminal 3. Dengan pemindahan itu, penumpang tujuan internasional AirAsia harus bolak-balik dari terminal 3 ke terminal 2.

"Jadi setelah check in di Terminal 3, kami harus ke Terminal 2 menggunakan bus. Sesampainya di Terminal 2, kami harus mengantre di imigrasi sebelum akhirnya kembali ke Terminal 3 dengan bus untuk boarding naik pesawat. Sangat repot," ujar Kepala Humas Air Asia, Audrey Progestama Petriny, Sabtu (9/8/2014).

Ia memaparkan bahwa pihaknya sudah melakukan simulasi proses perpindahan imigrasi dari Terminal 3 ke Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Dari hasil simulasi yang dilakukan pada tiga dan dua hari lalu itu, terbukti bahwa prosesnya cukup berbelit-belit dan menyusahkan.

Audrey mengatakan, diberlakukannya proses tersebut juga akan memaksa penumpang untuk datang ke bandara lebih pagi.

"Kalau biasanya penumpang hanya perlu datang dua jam atau satu setengah jam sebelum penerbangan, dengan adanya proses ini bisa harus tiga sampai empat jam sebelum terbang mereka sudah harus ada di bandara. Bayangkan saja kalau ada yang flight jam 06.00, mereka harus ada jam berapa di bandara," kata Audrey.(Banu Adikara)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Warta Kota
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.