Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Elpiji Pertamina 12 Kilogram akan Naik Pertengahan Bulan Ini

Kompas.com - 13/08/2014, 17:57 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) akan menaikkan harga gas Elpiji nonsubsidi 12 kilogram pada pertengahan Agustus 2014 ini.

Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, rencana kenaikan Elpiji 12 kg sesuai dengan roadmap setiap enam bulan sekali, mulai awal tahun ini hingga 2016. “Kenaikan dilakukan hingga Elpiji 12 kg mencapai keekonomian. Kenaikan harga elpiji dikisaran Rp 1.000 - Rp 2.000 per kg,” kata Ali ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Sesuai roadmap, setelah kenaikan 1 Januari 2014, rencananya Elpiji 12 kg akan naik pada 1 Juli 2014 lalu. Namun, mempertimbangkan pemangku kepentingan lain, dan juga bertepatan dengan momen lebaran serta tahun ajaran baru, maka Pertamina menunda kenaikan harga Elpiji 12 kg.

Kenaikan harga Elpiji 12 kg ini tidak perlu meminta persetujuan dari pemerintah, lantaran bukan termasuk barang yang mendapatkan subsidi. Namun, Pertamina memiliki kewajiban melaporkan sesuai dengan ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Pertamina selalu melaporkan rencana kenaikan ini kepada kementerian terkait, seperti kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan dan kemenko perekonomian,” kata Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com