Pertamina Jamin Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Tak Sebabkan Migrasi ke 3 kg

Kompas.com - 14/08/2014, 01:12 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina berani menjamin kenaikan harga gas Elpiji nonsubsidi 12 kilogram (kg) tidak akan menyebabkan adanya migrasi konsumsi ke tabung gas bersubsidi ukuran 3 kg.

Vice Presiden Corporate Communication, Ali Mundakir mengatakan, hal tersebut lantaran Pertamina telah memiliki data seluruh agen distributor gas. Pertamina juga memiliki sistem monitoring, sehingga jika terjadi lonjakan permintaan, hal tersebut akan terdeteksi. Pertamina memastikan, tidak akan memenuhi lonjakan permintaan tersebut.

“Kami juga akan melarang pembelian baru tabung beserta isinya elpiji 3 kg. Yang kami kendalikan dari sisi pasokannya,” kata Ali, ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Sepanjang 2014 ini, Pertamina mendapatkan kuota 4,8 juta metrik ton gas untuk tabung 3 kg. Hal tersebut sesuai dengan yang disepakati dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Di sisi lain, Ali menyebutkan, kenaikan harga gas nonsubsidi 12 kg tidak akan berdampak signifikan terhadap inflasi. Dia menuturkan, hanya 15 persen dari total konsumen gas yang menggunakan tabung gas 12 kilogram.

Jika harga Elpiji 12 kg tidak dinaikkan, maka kerugian Pertamina semakin besar. Sepanjang semester pertama tahun ini saja, Pertamina mengklaim kerugian jual sebesar Rp 2,81 triliun. Atas dasar itu, Pertamina berencana menaikkan harga Elpiji 12 kg pada pertengahan bulan ini.

Meski kenaikan harga Elpiji 12 kg adalah aksi korporasi, namun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung menegaskan, Pertamina tidak bisa menaikkan dengan semena-mena Elpiji 12 kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.