Kompas.com - 14/08/2014, 09:37 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Likuiditas perbankan yang ketat sejak beberapa waktu terakhir, agaknya mulai sedikit mengendur. Maka itu, sejumlah bank kini mulai menurunkan suku bunga simpanan deposito bagi nasabah kakap.

Ambil contoh, sejak awal Agustus ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memangkas suku bunga deposito bernominal di atas Rp 25 miliar, sebesar 25 basis poin (bps). Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya sudah memangkas bunga dari 9,25 persen menjadi 9 persen. 

Bulan depan, BCA akan kembali menurunkan suku bunga deposito ke level 8,75 persen–8,5 persen. "Kami akan turunkan secara bertahap, untuk deposito yang besar-besar. Akhir tahun akan menjadi 8,75 persen-8,5 persen," ungkap Jahja, Rabu (13/8/2014).  

Namun BCA tak akan menurunkan bunga deposito untuk simpanan berjangka dengan nominal di bawah Rp 25 miliar, yang kini sebesar 7,75 persen setahun.

Pemangkasan suku bunga, lanjut Jahja, dilakukan karena likuiditas BCA sudah berlebih. Apalagi yield Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang hanya 7,75 persen, menyebabkan BCA harus menurunkan suku bunga dana mahal, agar biaya dana (cost of fund) bisa dipangkas.

Diakui Jahja, penurunan bunga deposito tidak serta merta memangkas cost of fund BCA. Hal ini karena nilai deposito BCA jumlahnya relatif kecil, hanya 22 persen dari total dana pihak ketiga (DPK).

Likuiditas terjaga
Senada, Tri Joko Prihanto. Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk menyatakan, cost of fund akan turun di sisa tahun 2014 dan akan semakin membaik. Bukopin pun sudah mulai menurunkan bunga deposito. 

Bukopin berniat menurunkan bunga deposito bertahap.  "Khususnya bagi yang special rate dengan rata-rata bunga 10 persen-10,5 persen," kata Tri. 

Besaran pemangkasan suku bunga mencapai 25 bps–50 bps. Bukopin kini mencatat loan to deposit ratio (LDR) sebesar 84 persen.

Kebijakan berbeda ditunjukkan Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dan Bank CIMB Niaga. Maryono, Direktur Utama BTN menyatakan, masih ingin mempertahankan bunga simpanan yang secara rata-rata di atas BI rate.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.