17 Agustus, SBY Luncurkan Uang NKRI

Kompas.com - 14/08/2014, 10:31 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Bank Indonesia (BI) akan segera meluncurkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 2014. Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo, peluncuran uang NKRI pada Hari Kemerdekaan akan dilakukan bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara itu, penerbitan uang tersebut kepada masyarakat akan dilakukan pada 18 Agustus 2014. "Tahap awal, akan meluncurkan uang NKRI nominal Rp 100.000," kata Agus.

Jumlah uang NKRI yang beredar akan disesuaikan dengan jumlah uang yang ada. Namun, BI belum dapat menyebutkan jumlah uang yang akan diedarkan.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, pihaknya akan mendistribusikan uang NKRI ke seluruh Indonesia. BI juga akan menyosialisasikan kepada masyarakat, terkait adanya perubahan uang NKRI sesuai dengan Undang-Undang Mata Uang.

"Nanti akan ada dua jenis uang yang beredar, keduanya masih akan berlaku untuk transaksi," ucapnya. (Nina Dwiantika)

Baca juga: Desain Uang NKRI Beredar, Ini Klarifikasi Bank Indonesia

Baca tentang


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X