Kompas.com - 15/08/2014, 13:03 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan pihaknya telah memperhitungkan seluruh risiko dalam menentukan kisaran inflasi tahunan. Ini termasuk rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram pada pertengahan bulan Agustus ini.

"Kalau misalnya itu (kenaikan harga elpiji) berlaku, tentu ada dampak dan sudah memperkirakan itu dalam melihat inflasi di tahun 2014," kata Agus di Gedung DPR/MPR, Jumat (15/8/2014).

Lebih lanjut, Agus menyatakan, masih terdapat beberapa faktor yang bisa saja mempengaruhi laju inflasi. Ia menyebut risiko kenaikan listrik konsumen atau rumah tangga, kenaikan listrik industri, dan risiko El Nino.

"Kalau seandainya ada kenaikan (harga) elpiji, itu sudah masuk pertimbangan kita. Kita lihat inflasi Indonesia 4,5 plus minus 1 persen (pada tahun 2014), sedangkan tahun 2015 kita lihat pada saat Presiden menyampaikan nota keuangan inflasi ada di 4 plus minus 1 persen," ujar Agus.

Sekedar informasi, PT Pertamina (Persero) akan menaikkan harga elpiji ukuran 12 kilogram pada pertengahan bulan Agustus ini. Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, rencana kenaikan Elpiji 12 kg sesuai dengan roadmap setiap 6 bulan sekali, mulai awal tahun ini hingga 2016.

“Kenaikan dilakukan hingga Elpiji 12 kg mencapai keekonomian. Kenaikan harga elpiji di kisaran Rp 1.000 - Rp 2.000 per kg,” kata Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.