Dana Pemerintah Cekak, Peran BUMN di Infrastruktur Harusnya Membesar

Kompas.com - 16/08/2014, 03:07 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, ke depan, seharusnya peran perusahaan BUMN dalam pembangunan infrastruktur semakin besar.

Hal tersebut disebabkan, anggaran infrastruktur dalam APBN akan semakin tidak mencukupi kebutuhan. Di sisi lain, BUMN memiliki perusahaan-perusahaan infrastruktur yang bonafit (besar).

"Tinggal fleksibilitas, bagaimana cara menunjuk dan menugaskan. Paling enggak (penunjukkan BUMN) menjadi solusi yang paling fleksibel," kata Dahlan ditemui usai Pidato Kenegaraan Presiden, di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Lebih lanjut, mantan bos PLN itu bilang, ke depan, perusahaan BUMN dapat semakin diandalkan lantaran kemampuan pendanaan BUMN yang juga semakin besar.

Adalah jalan tol lintas Sumatera, salah satu proyek infrastruktur yang bakal didanai dan dikerjakan oleh BUMN. Namun, ketika ditanyakan mengenai perkembangan proyek tersebut, Dahlan menegaskan pihaknya tinggal menunggu penunjukkan. "Ya belum turun izinnya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.