Kompas.com - 18/08/2014, 06:52 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

MADIUN, KOMPAS.com – Untuk memenuhi kebutuhan SDM di industri gula, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mendirikan Akademi Gula Rajawali Indonesia (AkGRI) yang berlokasi di lingkungan pabrik gula Rejo Agung, Madiun Jawa Timur.

Secara simbolis, pendirian akademi tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro dan Walikota Madiun Bambang Irianto, Minggu (17/8/2014). Angkatan pertama akan dimulai pada ajaran baru tahun depan dengan jenjang pendidikan Diploma I dan II.

“Pendirian akademi ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan tenaga professional untuk produksi gula serta upaya RNI selaku BUMN dalam meningkatkan pendidikan di masyarakat,” ujarnya.

Untuk tahap awal, AkGRI membuka kompetensi keahlian agribisnis tanaman perkebunan, teknik pemeliharaan mekanik industri dan kimia gula. Ke depan, akademi ini akan mengembangkan kurikulum  terkait dengan pemasaran.

Ismed mengungkapkan komposisi materi pengajaran mencakup teori dan praktik. Untuk tahun pertama, peserta didik akan mendapatkan 80 persen teori dan 20 persen praktik. Selanjutnya, porsi praktik akan lebih besar ketimbang teori.

“Setelah siang mendapatkan materi pendidikan, malam harinya mereka akan kami bekali dengan ilmu agama. Jadi ini kami mengadopsi sistem seperti di pesantren. Semua peserta didik akan tinggal di asrama,” ujar Ismed.

Untuk membiayai operasional AkGRI, RNI akan mengambil dana dari CSR perusahaan. Selain itu, dana juga diperoleh dari bantuan DIKTI dan Pemda Madiun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.