Pembahasan RUU Redenominasi Rupiah Mulai Bulan Ini

Kompas.com - 18/08/2014, 21:17 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo KOMPAS/HERU SRI KUMORO Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan pembahasan mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi Rupiah akan berlangsung pada bulan Agustus ini. Pembahsasan tersebut dilakukan di tingkat Panitia Khusus DPR setelah melalui tahap konsultasi publik.

"Di masa sidang DPR bulan Agustus ini akan dimulai pembahasan RUU Redenominasi Mata Uang. Ini akan didiskusikan oleh pemerintah dan DPR," kata Agus di kantornya, Senin (18/8/2014).

Redenominasi rupiah berbeda dengan sanering atau pemotongan nilai uang. Sanering, kata dia, merupakan pemotongan nilai mata uang. Redenominasi akan menghilangkan 3 angka nol dalam rupiah. "Redenominasi ini hanya menyederhanakan mata uang rupiah saja," ungkapnya.

Menurut Agus, pemberlakuan redenominasi rupiah sifatnya tidak menghilangkan nilai mata uang, karena harga barang dan jasa juga akan mengikuti kebijakan redenominasi. Sebagai contoh, sejauh ini Turki terbilang sukses melakukan redenominasi.

"Dengan redenominasi, maka mata uang kita akan lebih berdaulat. Diharapkan redenominasi mendapatkan dukungan dari semua pihak agar dapat mendorong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas mantan Menteri Keuangan ini.

Adapun apabila DPR dan pemerintah telah menyetujui dan mengundangkan RUU Redenominasi Mata Uang, maka implementasi kebijakan tersebut harus melewati masa transisi minimal selama 6 tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X