Target Kepesertaan BPJS Kesehatan di Jawa Barat Terlampaui

Kompas.com - 18/08/2014, 23:17 WIB
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN Salah seorang warga memperlihatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor Cabang Utama BPJS, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

BANDUNG, KOMPAS.com - Jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Jawa Barat sudah mencapai 19.260.670 peserta. Jumlah itu dilayani melalui 1.989 fasilitas kesehatan primer dan 191 rumah sakit sebagai faskes rujukan tingkat lanjutan.

“Sudah sampai sembilan belas juta peserta di Jawa Barat, untuk cakupan secara nasional mencapai Rp 126, 4 juta,” kata Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional V Jawa Barat, Dr. Aris Jatmiko Senin, (18/7/2014).

Menurutmya, jumlah kepesertaan itu sudah melampaui target yang ditetapkan sebelumnya. “Target kami di Jawa Barat sudah terpenuhi, karena jumlah peserta dari pekerja swasta sudah mencapai 1,7 juta,” katanya.

Aris mengatakan, BPJS Kesehatan terus melakukan sosialisasi, lantaran masih banyak hambatan yang perlu diselesaikan. “Kami sudah berjalan selama delapan bulan namun masih banyak permasalahan yang harus diatasi,” keluh Aris.

Salah satu kendala yang dimaksud di antaranya adalah masyarakat belum memahami betul apa saja syarat pendaftarannya, dimana daftarnya dan bagaimana bagaimana cara mendaftarnya.

“Sebenarnya, pendaftaran bisa dilakukan secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan menujukan KTP, Kartu Keluarga dan sebuah pas photo ukuran 3 X 4 dan kemudian mengis formulir. Selain itu pendaftaran bisa juga dilakukan melalui web BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id atau melalui kantor cabang Mandiri, BRI dan BNI terdekat,” kata Aris.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorBambang Priyo Jatmiko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X