Kompas.com - 19/08/2014, 09:07 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Di tengah isu panas konsolidasi bank BUMN, tiga bank pelat merah akhirnya legowo dan bergandengan tangan. Senin (18/8/2014), Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sepakat melepas logo masing-masing. 

Tiga bank kakap ini sepakat mengubah logo mesin gesek atau electronic data capture (EDC) dari logo masing-masing bank menjadi LINK. Sederhananya, mesin EDC yang kerap Anda jumpai di kasir tidak lagi berlogo Mandiri, BNI atau BRI, melainkan LINK.

"Ke depan akan lebih banyak inisiatif bersama antara Himpunan Bank-bank Negara (Himbara). Bisa jadi nanti akan ada satu ATM yang digunakan bersama. Kami akan kompetisi di fitur dan lainnya, bukan infrastruktur," ujar Darmadi Sutanto, kemarin.

Tiga bank sepakat gandengan tangan mengembangkan  infrastruktur EDC lantaran lebih efisien.

Sebagai gambaran, harga EDC sebesar 110 dollar AS- 120 dollar AS per unit. Rahmat Broto Triadji, Group Head Electronic Banking Bank Mandiri mengatakan, peleburan mesin EDC akan memperluas penetrasi pasar. Sebagai gambaran, dari tiga EDC yang ada, satu mesin akan diubah menjadi logo LINK. Sementara, dua mesin lain akan ditempatkan di tempat lain. 

"Pangsa pasar tiga bank BUMN dari total transaksi merchant mencapai 50 persen. Sinergi ini efisien dan bisa meningkatkan volume transaksi," ujar Toni Soetirto, Direktur Konsumer BRI. Kerjasama ini pun tidak mengharuskan bank merogoh biaya. Sebab, selama ini mesin EDC bank kebanyakan berstatus sewa. 

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), jumlah EDC terpasang mencapai 614.000 di seluruh Indonesia. BNI memiliki 64.839 unit, BRI 35.000 unit dan Mandiri 210.000 unit. Jumlah EDC tiga bank BUMN berkontribusi 48 persen dari total pasar transaksi EDC.

Catatan saja, LINK merupakan jaringan ATM khusus antara bank BUMN. LINK dimiliki oleh Himbara dan dikelola oleh Telkomsigma, anak usaha Telkom.

MoU e-Toll 

Yang  pasti, kemesraan antara bank BUMN bakal terus terlihat. Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Bank Mandiri, mengatakan, pihaknya sudah menemukan kata sepakat dengan BNI dan BRI terkait akses e-money di jalan tol milik Mandiri alias e-Toll. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.